Sistem Informasi Walisongo

Sistem Informasi Akademik (pada laman akademik.walisongo.ac.id) mengelola data akademik mahasiswa (seperti pengambilan mata kuliah, input nilai) sekaligus mengelola administratif akademik dan pengajaran (seperti Perwalian dan Jurnal Perkuliahan).
Pengembangan Sistem Informasi Akademik dan Implementasi Walisiadik yang telah dilakukan sejak tahun 2014 memerlukan pengembangan sebagai bentuk evaluasi serta adaptasi terhadap kebutuhan proses bisnis institusi yang terus berkembang. Oleh karena itu, pengembangan Walisiadik pada tahun 2018 fokus pada pembaharuan mekanisme administrasi penjadwalan, perluasan akses Walisiadik pada bagian/unit terkait, penyajian data akademik terintegrasi (infografis) sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan.

Pascasarjana memiliki karatkteristik pembelajaran yang berbeda dengan jenjang diploma dan sarjana. Untuk memfasilitasi pembelajaran pada jenjang S-2 dan S-3, PTIPD menyediakan sistem informasi akademik pascasarjana yang dapat diakses di laman akademik-pasca.walisongo.ac.id

Dukungan teknis teknologi informasi dan Pengelolaan Data Diri Mahasiswa dan Uang Kuliah Tunggal melalui laman datadiri.walisongo.ac.id. Pengelolaan data diri mahasiswa dan uang kuliah tunggal merupakan suatu sistem terpadu yang digunakan untuk mengelola data pokok mahasiswa, seperti identitas diri, identitas orang tua, data finansial, dan data prestasi, yang dilakukan dengan cara input data maupun upload dokumen digital secara online, dimana selanjutnya, data dan dokumen tersebut digunakan sebagai dasar penentuan kelompok UKT tiap mahasiswa.

Sistem Seleksi merupakan sistem informasi yang digunakan untuk menentukan kelulusan seleksi jalur mandiri UIN Walisongo Semarang. Sistem ini dapat diakses di laman seleksi.walisongo.ac.id

Sejak tahun 2013, penerimaan mahasiswa baru (PMB) UIN Walisongi dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri. Untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat tentang persyaratan, mekanisme dan proses dari setiap jalur, dibuat sistem informasi PMB yang dapat diakses di laman pmb.walisongo.ac.id.

Penerimaan mahsiswa baru untuk program pascasarjana seluruhnya dilakukan melalui skema mandiri. Untuk memfasilitasi calon mahasiswa dalam proses pendaftaran, sistem informasi PPMB pascasarjana dapat diakses di laman pmb-pasca.walisongo.ac.id

Untuk mewujudkan visi sebagai universitas riset yang terdepan, UIN Walisongo memperluas jaringan dengan membuka akses kepada calon mahasiswa asing untuk studi di UIN Walisongo. Pendaftaran bagi calon mahasiswa asing dapat diakses di laman admission.walisongo.ac.id

UIN Walisongo memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang mengalami perubahan kondisi ekonomi untuk mengajukan perubahan atau penyesuaian Uang Kuliah Tunggal sesuai dengan kondisi ekonomi. Pengajuan dan proses penyesuaian dilakukan melalui laman uktbkt.walisongo.ac.id

Pandemi Corona Virus Desease Tahun 2019 tidak dapat dipungkiri memberikan dampak bagi banyak orang, termasuk mahasiswa. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang terdampak Covid agar tetap dapat melanjutkan studi, UIN Walisongo membuka pengajuan keringanan UKT atas dampak wabah ebnacana Covid yang dapat diajukan melalui ukt-covid.walisongo.ac.id.

Salah satu layanan pendidikan dan kemahasiswaan yang diberikan oleh Universitas adalah pemberian beasiswa. Pnegajuan dan database beasiswa di UIN Walisongo dapat diakses di laman beasiswa.walisongo.ac.id.

Selain pembelajaran dalam bentuk tatap muka, mahasiwa juga mendapatkan pengalaman pembelajaran melalui praktik pengalaman lapangan dan kuliah kerja lapangan. Manajemen PPL dan KKL ini dilakukan secara online melalui laman ppl-kkl.walisongo.ac.id.

Melalui sistem ini, seluruh rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata dikelola secara elektronik mulai dari pengelolaan persyaratan, pendaftaran, pengelolaan data lokasi dan data nilai KKN. Sistem Informasi KKN yang dapat diakses pada laman kkn.walisongo.ac.id.

Pengelolaan data ujian komprehensif dan ujian munaqasah pada laman tugasakhir.walisongo.ac.id. Melalui, sistem ini, pengelolaan pendaftaran ujian komprehensif dan munaqasah oleh Fakutas/Prodi dilakukan secara elektronik meliputi pendaftaran, penentuan penguji, penentuan jadwal dan input nilai.

UIN Walisongo menyelenggarakan wisuda empat kali dalam satu tahun. Untuk pendaftaran dan manajemen wisuda, Universitas menyediakan sistem informasi wisuda yang dapat diakses di laman wisuda.walisongo.ac.id.

SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah merupakan dokumen yang menyatakan kompetensi dan prestasi yang diperoleh mahasiswa selama kuliah di UIN Walisongo. SKPI diberikan ke mahasiswa bersamaan dengan Ijazah dan Transkip Nilai. Untuk mempermudah proses pengelolaan dan penerbitan SKPI dengan data yang valid, disediakan sistem informasi skpi yang dapat di laman skpi.walisongo.ac.id.

Sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi, kinerja penelitian memiliki peran yang cukup dominan di dalam menunjang reputasi universitas. Urgensi kinerja ini tidak hanya pada kegiatan penelitian itu sendiri, melainkan juga pada publikasi dan penerbitan hasil penelitian, serta pada pengakuan hak karya ilmiah dosen. Sistem informasi penelitian dibangun untuk memfasilitasi universitas di dalam mengelola data dan kegiatan seluruh kinerja penelitian tersebut. Sistem informasi ini dapat diakses di laman sp3m.walisongo.ac.id.

Platform Walisongo Learning Course adalah media pembelajaran kursus online atau MOOC (Massive Open Online Course) yang diharapkan dapat membantu Mahasiswa, Pelajar, dan Masyarakat Umum untuk mewujudkan merdeka belajar dan kampus merdeka. Info lebih lanjut kunjungi laman berikut welearn.walisongo.ac.id

Sistem ini dibangun guna meningkatkan mutu layanan penyelenggaraan Tes TOEFL dan IMKA oleh Pusat Pengembangan Bahasa. Sistem mengakomodasi pengelolaan administrasi tes meliputi pendaftaran tes secara online, alokasi waktu dan kelas tes, perekaman hasil tes serta pelaporan hasil tes secara terintegrasi pada Sistem Tugas Akhir. Sistem Informasi ini dapat diakses di laman sim-ppb.walisongo.ac.id.

Selain memberikan layanan kepada mahasiswa program D-3 dan Sarjana, UIN Walisongo Semarang melalui Pusat Pengembangan Bahasa juga memberikan layanan pelatihan dan tes TOEFL dan IMKA untuk mahasiswa pascasarjana dan masyarakat umum. Layanan ini dapat diakses di laman simpps-ppb.walisongo.ac.id.

Sistem Infromasi Alumni dibangun untuk memberikan akses kepada alumni ke data Ijazah, transkip nilai, SKPI, dan layanan perpustakaan. Sistem informasi ini terintegrasi dengan smart card alumni, dan aplikasi versi android dapat diakses melalui barcode yang ada di dalam kartu alumni tersbeut. Dalam versi web, sistem ini dapat diakses di laman https://alumni.walisongo.ac.id/index.php/login/auth/NIM.

Penjaminan mutu merupakan salah satu kunci dari kualitas akademik dan tata kelola perguruan tinggi. Untuk melaksanakan proses yang terdiri dari siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan ini, Lembaga Penjaminan Mutu universitas dan Gugus Penjamin Mutu di unit didukung dengan sistem infromasi penjaminan mutu yang dapat diakses di laman sijamu.walisongo.ac.id.

Elearning Walisongo merupakan Learning Management System berbasis moodle yang dikembangkan oleh UIN Walisongo Semarang untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh atau blended learning. Dengan berbagai fitur yang tersedia dan aplikasi android untuk mempermudah akses, elearning ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di UIN Walisongo. LMS ini dapat diakses di laman elearning.walisongo.ac.id.

Perpupstakaan merupakan salah satu komponen pendukung pembelajaran, yang sangat berperan dalam proses perkuliahan. Mahasiswa dan dosen dapat melihat koleksi buku dan dokumen perpustakana, serta melakukan transaksi perpustakaan secara onlie di laman library.walisongo.ac.id.

Arsip untuk mengumpulkan, melestarikan, dan menyebarluaskan salinan digital dari output intelektual Sivitas akademika UIN Walisongo Semarang dapat diakses di laman eprints.walisongo.ac.id.

Sistem informasi tracer study dibangun sebagai media tracing alumni dan penyebaran informasi lowongan pekerjaan ke alumni. Sistem ini dapat diakses di laman sitrace.walisongo.ac.id.

Untuk memberikan fasilitasi publikasi atas karya ilmiah dosen maupun tenaga kependidikan, UIN Walisongo menyelenggarakan beberapa konferensi atau seminar yang terbuka untuk masyarakat umum dalam satu tahun. Masyarakat dapat melihat informasi dan berpartisipasi dalam konferensi ini melalui akses di laman conference.walisongo.ac.id.

Seiring dengan meningkatnya implementasi teknologi dalam tata kelola, dibutuhkan penyelenggaraan tes massal secara online, yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi tes tanpa mengurangi kualitas dan validitas hasil tes. Untuk menjembatani kebutuhan tersebut, UIN Walisongo melalui PTIPD membuat sistem informasi Computer Based Test yang dapat diakses di laman cbt.walisongo.ac.id.

Salah satu fungsi pendukung di dalam proses bisnis perguruna tinggi adalah peran kepatuhan terhadap regulasi. Di UIN Walisongo, pengawalan terhadap kepatuhan ini dilaksanakan oleh satuan Pengawas Internal. Untuk mendukung kinerja SPI di dalam pengawalan kepatuhan ini, dibangun sistem informasi preventive audit yang dapat diakses di laman sipradit.walisongo.ac.id.

Dalam rangka memberikan layanan prima untuk sivitas akademika dan masyarakat umum, UIN Walisongo menyediakan layanan helpdesk online di laman helpdesk.walisongo.ac.id. Melalui laman helpdesk ini diharapkan keuhan atau aduan sivitas akademika dan masyarakat dapat tertangani dengan lebih cepat.

Pegawai di UIN Walisongo memiliki trend kenaikan dari sisi jumlah. Untuk memberikan informasi kepada publik tentang daftar pegawai di Universitas, dibuat sistem direktori pegawai di laman pegawai.walisongo.ac.id. Sistem ini juga menyajikan informasi tentang kepakaran pegawai, yang diharapkan dapat meningkatkan reputasi UIN Walisongo.

Sebagai instansi pemerintah, tata kelola di UIN Walisongo selalu disesuaikan dengan regulasi. Termasuk di anatarnya adalah tentang disiplin kepegawaian. Untuk memantau aspek ini, UIN Walisongo menyediakan sistem kedisiplinan kepagawaian yang dapat diakses di laman simpeg.walisongo.ac.id.

Beban Kerja Dosen merupakan beban yang harus diselesaikan dosen profesional dalam jabatan fungsionalnya dalam satu semester. Di UIN Walisongo, manajemen perencanaan kerja dosen, pelaksanaan dan evaluasinya dilaksanakan secara online melalui sistem informasi BKD yang dapat diakses di laman bkd.walisongo.ac.id.

UIN Walisongo telah menerapkan Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum melalui KMK nomor 68 tahun 2009. Sejak peralihan tersebut, universitas memiliki pengelolaan keuangan yang memungkinkan untuk mencari pendapatan sendiri. Sistem Penerimaan dan pelaporan BLU merupakan sistem informasi yang memfasilitasi universitas untuk merekam penerimaan dan pengeluaran BLU UIN Walisongo, sehingga diharapkan tata kelola BLU menjadi lebih valid dan akuntabel. Sistem informasi ini dapt diakses di laman simpel.walisongo.ac.id.

Ketersediaan layanan akses terhadap produk hukum merupakan salah satu bentuk keterbukaan informasi publik. SIDOKU atau Sistem Informasi Dokumen adalah sistem pengelolaan dan layanan akses produk hukum UIN Walisongo yang tersedia bagi civitas akademik dan masyarakat umum. Layanan SIDOKU tersedia pada laman sidoku.walisongo.ac.id.

Pengembangan Sistem Transaksi BLU Berbasis H2H bekerja sama dengan Bank Jateng Syari`ah sebagai mitra. Sistem Transaksi BLU mengelola transaksi sewa aset dan layanan jasa BLU seperti sewa wisma, gedung serba guna, alat transportasi, layanan Poliklinik dsb. Melalui H2H, pembayaran dapat dilakukan melalui bank dan sistem elektronik ATM. Sistem diakses pada laman blu.walisongo.ac.id

Sebagai universitas yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, UIN Walisongo memiliki berbagai layanan bisnis yang terbuka untuk umum. Seluruh layanan tersebut tersedia di dalam marketplace walisongo yang dapat diakses di laman bisnis.walisongo.ac.id.

Aset universitas adalah semua kekayaan yang dipunyai oleh UIN Walisongo, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Agar pengelolaan aset dapat berjalan dengan efektif efisien dan kontirbutif terhadap kinerja universitas, dibangun sistem informasi aset yang dapat diakses di laman aset.walisongo.ac.id.

Sistem infromasi remunerasi merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk mengelola kinerja remunerasi pegawai, dari perencanaan hingga capaian kinerja. Sistem remunerasi dapat diakses di laman siremun.walisongo.ac.id.

Pengelolaan anggaran merupakan salah satu pengelolaan terbesar di UIN Walisongo karena tidak hanya melibatkan pihak eksternal seperti KPPN, Kementerian Agama, dan Kementerian Keuangan, melainkan juga memiliki dampak dan risiko yang besar. Oleh karena itu untuk mendukung pengelolaan anggaran yang akuntabel dan efisien, universitas menggunakan sistem informasi realisasi anggaran yang dapat diakses di laman sira.walisongo.ac.id.

Tata persuratan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan administrasi perkantoran sebuah instansi. Sistem Informasi Administrasi Perkantoran (SIAP) dibangun untuk meningkatkan efisiiensi kegiatan administrasi sehingga diharapkan informasi atau dokumen dapat tersampaikan dengan lebih cepat. Sistem ini dapat diakses di laman siap.walisongo.ac.id.

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) digunakan untuk mengelola data pegawai dan dosen yang meliputi pengelolaan data pokok pegawai, riwayat penempatan atau mutasi, status pegawai, dan dokumen pegawai dalam bentuk digital. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan sistem informasi kepegawaian sebagai basis pengelolaan data kepegawaian sekaligus sebagai implemantasi semangat penunggalan data di UIN Walisongo Semarang. Sistem pengelolaan sumber daya manusia ini dapat diakses pada laman simpeg.walisongo.ac.id

Sistem Informasi Data Kedisiplinan Pegawai (SIDAK) UIN Walisongo. Layanan informasi lebih lengkap kunjungi laman sidak.walisongo.ac.id

Barang Milik Negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Pengelolaan BMN di UIN Walisongo dilaksanakan antara lain didasarkan pada asas fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai. Oleh karena itu, untuk mendukung pengelolaan tersebut, disediakan sistem informasi BMN yang dapat diakses di laman simak-bmn.walisongo.ac.id.

Sebagai sebuah instansi yang memiliki primary function dalam bentuk tri dharma perguruan tinggi, keberadaan jurnal ilmiah sangat penting bagi UIN Walisongo. Bukan hanya berperan dalam meningkatkan publikasi ilmiah dosen, melainkan juga untuk meningkatkan reputasi universitas. Pengelolaan seluruh jurnal ilmiah yang diterbitkan di UIN Walisongio diwadahi dalam journal.walisongo.ac.id.

Share On: