Berita
Dorong Lulusan SMK Lanjut Studi Ke Perguruan Tinggi,  UIN Walisongo Goes To School Gandeng Imade Hadir Di SMKN 1 Demak

Dorong Lulusan SMK Lanjut Studi Ke Perguruan Tinggi,  UIN Walisongo Goes To School Gandeng Imade Hadir Di SMKN 1 Demak

UIN Walisongo Online, Semarang – Tim UIN Walisongo Goes to School (Uwagos) hadir di SMKN 1 Demak pada Senin (14/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, selain tim Unit Admisi, Humas dan Walisongo Campus Ambassador (WCA), hadir pula 5 mahasiswa pengurus Ikatan Mahasiswa Demak (Imade) UIN Walisongo Semarang. Mereka adalah Nur Naya Yasirlana dan Yuliana Ifada (Program Studi/Prodi Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Fisip), Dedi Gunawan (Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum/FSH), Alisa Dewi Rahmawati (Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora/Fuhum), serta Muhammad Sofwan Nawawi (Prodi Hukum Pidana Islam FSH).

Di hadapan adik tingkatnya, Nur Naya Yasirlana yang juga merupakan alumni SMKN 1 Demak, berharap adik kelasnya di SMKN 1 Demak untuk tetap semangat dalam menggapai cita – cita terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

“Jangan pernah pesimis berlatar belakang pendidikan SMK yang identik dengan dunia kerja setelah lulus. Terkadang kita harus berani keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru untuk menemukan sisi lain dari diri kita. Dunia perkuliahan mengajarkan banyak hal baru bagi kita, ilmu – ilmu baru, pengalaman baru, relasi baru dan hal tersebut mampu merubah paradigma kita dalam memandang berbagai hal yang sebelumnya tidak kita dapatkan dalam bangku SMK. Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan”, ujar Naya.

Widi Cahya Adi sebagai Host lanjut menayangkan video profil yang menjelaskan 50 Prodi di UIN Walisongo lengkap dengan fasilitas dan keunggulannya. Widi mengatur acara dengan luwes dan sangat apik. Sayyidatul Fadlilah (Kepala Unit Admisi) dan Iklil Mustofa (Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Unit Admisi) yang keduanya merupakan putra daerah Demak memberikan motivasi kepada para peserta didik SMKN 1 Demak. Adinda Dhini Firlianti, mahasiswi WCA dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Hisnun Naja dari Prodi Ilmu Hukum FSH memberikan gambaran detil jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Walisongo (info lengkap bisa dilihat di pmb.walisongo.ac.id). Hisnun Naja yang juga berasal dari Morodemak tersebut merupakan mahasiswa semester 3 UIN Walisongo Semarang dengan prestasi segudang termasuk menjadi Duta Genre Kabupaten Demak 2024.

Yashinta Rizky Ananda, S.Pd., Guru BK SMKN 1 Demak, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UIN Walisongo Semarang.

“Terima kasih untuk UIN Walisongo Semarang yang telah berkenan memotivasi putra putri kebanggaan kami untuk melentingkan minat melanjutkan studi. Kami menyadari memiliki keterbatasan informasi perguruan tinggi sehingga melalui kegiatan ini UIN Walisongo telah membantu kami dalam memberikan layanan bimbingan karir yg menyenangkan dan padat manfaat. Kami berharap hubungan kerjasama antara SMKN 1 Demak dan UIN Walisongo dapat terjalin semakin harmonis dan berkelanjutan. Semoga alumni SMKN 1 Demak banyak yg akan melanjutkan studi dan memilih UIN Walisongo sebagai kampus impian yg akan melentingkan potensi mereka dalam rangka meraih masa depan gemilang”, ungkap Shinta.

Senada dengan Shinta, Fury Nandan Sari,S.Pd.Gr (Guru BK SMKN 1 Demak) juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UIN Walisongo Semarang.

Fury mengatakan “Kami tidak hanya memfasilitasi peserta didik SMKN 1 Demak untuk bekerja, namun kami juga memfasilitasi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Langkah ini tidak hanya akan membuka peluang yang lebih luas bagi peserta didik kami tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Terima kasih kepada UIN Walisongo atas sharing yang sangat luar biasa dan keren mengenai program studi yang tersedia, fasilitas serta beasiswa yang dapat dimanfaatkan. Peserta didik kami mengikuti kegiatan ini dengan penuh khidmat dan sangat antusias. Kami yakin kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi peserta didik SMK N 1 Demak. kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kerjasama ini akan terus berlanjut di waktu mendatang. Sukses selalu untuk UIN Walisongo menjadi pusat studi Islam yang unggul, mencetak generasi yang cerdas berkarakter.”

Sesi kegiatan ditutup dengan foto bersama para peserta didik SMKN 1 Demak, Tim Uwagos, para guru BK SMKN 1 Demak, dan pengurus Imade. Para peserta didik melanjutkan kegiatan dengan melakukan pengisian survey kebutuhan calon mahasiswa baru terhadap UIN Walisongo Semarang. (SYD-UA).

Share On:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *